Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
Hay friends, I Arf AS Saif
Nama asli Arif Saifudin
Welcome to my blog
I am Indonesian people
saya Ingin sekali menjadi orang terkenal :D
Hopefully all useful
matur suwun .




Halaman

Kamis, 17 Oktober 2013

manfaat jambu air

Manfaat Jambu Air

Assalamu 'alaikum SoBat

krena urusan di dunia pelajar jadinya saya jarang posting, maka dari itu untuk mendinginkan otak, saya akan berbagi pengalama kepada sobat semua smile
taukah sobat gambar apa di atas,
jawabanya adalah jambu air
manfaatnya apa saja ya,.
yuk kita bahas,......dan semoga bermanfaat,..
Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jambu semarang (Syzygium samarangense), kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa. Beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga kedua-duanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja.
Nama-nama lainnya adalah jambu ayer mawar (Malaysia), jambu aie (Min.), jambu cai (Sd.), jambu wer (Jw.), jhambhu wir (Md.), nyambu er (Bl.), kumpas, kumpasa, kombas, kembes (bahasa-bahasa di Sulut), jambu jene, jambu salo (Sulsel), jambu waelo, kuputol waelo, lutune waele, kopo olo (aneka bahasa di Seram dan sekitarnya), dan lain-lain. Juga jambu kancing (Ind.), untuk kultivar yang buahnya kecil-kecil.
Di negara-negara lain, jambu ini dikenal sebagai machom phupa atau chomphu pa (Thai), tambis (Fil.), bell fruit, water apple (Ingg.) dan lain-lain.

Mendinginkan Tubuh
Kandungan air dalam buah jambu air cukup tinggi. Para ilmuan menyatakan perbandingannya sebanyak 93 gram per 100 gram. Hal ini menjadikan buah berwarna menarik ini cukup baik untuk mendinginkan tubuh. Dengan komposisi yang hampir 100% cairan, buah segar ini bisa menjadi alternatif untuk menghindarkan tubuh dari kerentanan dehindrasi. Buah ini juga baik untuk kesehatan pencernaan serta memelihara kesehatan ginjal berkat cairannya yang melimpah.
Jambu dan Kecantikan
Manfaat jambu air tak hanya untuk menyegarkan tubuh, tapi juga sebagai modal untuk kecantikan. Air yang melimpah pada buah ini mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan terutama kecantikan. Vitamin C telah lama dikenal sebagai senyawa yang baik untuk menjaga keremajaan sel tubuh. Vitamin ini juga mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Selain itu, jambu biji juga bisa menjadi penangkal radikal bebas yang rentan merusak sel. Dan kabar baiknya untuk pria, jambu air baik untuk memelihara kesehatan sperma dan meningkatkan kesuburan!
Selain kaya akan vitamin C, ternyata jambu air juga memiliki kandungan vitamin A yang memadai. Selain untuk kecerahan mata, vitamin A juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan Vitamin A mampu menambah kerja serta fungsi sel darah putih dalam tubuh sehingga lebih kuat menghadapi serangan virus. Berdasarkan fakta tersebut, tidak berlebihan jika kita mengkonsumsi jambu air untuk melawan virus penyakit.
Selain vitamin C dan A, jambu air juga ternyata mengandung serat pangan yang lumayan tinggi. Selain itu, buah yang mudah busuk ini juga memiliki kandungan mineral besi, kalsium, magnesium, tembaga, mangan, kalium serta fosfor. Senyawa ini memang tidak setinggi pada buah lainnya namun tetap bermanfaat jika dikonsumsi secara teratur.
Menurunkan Panas
Disamping buah dan pohon yang sangat bermanfaat, daun dari jambu air juga bisa digunakan untuk obat menurunkan panas. Hal itu terbukti, ketika saya panas, ibu saya mengkopres saya dengan daun jambu air. Caranya cukup mudah yaitu rebus air, setelah itu remas daun jambu air tersebut hingga kecil-kecil dan masukkan ke dalam air hangat atau panas yang sudah ditaruh di baskom. Kemudian ambil handuk kecil celupkan ke air panas yang sudah dicampuri daun jambu. Aroma daun jambu yang harum akan memberikan ketentraman atau istilahnya rilexasing. Selain itu, aroma daun jambu juga menetralkan bau keringat dari tubuh, karena pada umumnya orang sakit tidak diperbolehkan mandi. Setelah dikompres dengan rebusan air yang dicampuri daun jambu, rasakan kedamaiannya apalagi kalau seluruh tubuh di usap dengan rebusan air tersebut pasti rasanya enak.

Untuk Obat
Jambu air juga dipercaya dapat memperlancar air seni (kencing). Selain itu jambu air digunakan untuk mengobati bengkat bengkat ringan di kai dan tangan dengan cara mengkompreskan irisan irisan jambu air di bagian yang sakit. Dan Obat Sakit perut

sumber waparifs.heck.in

0 komentar: